Mengenal Gili Trawangan Lombok

gili trawangan

SEJARAH SINGKAT GILI TRAWANGAN

Gili trawangan adalah sebuah pulau atau sebutan gili yang terletak di Barat Daya pulau Lombok dengan panjang pulaunya 300 M dan lebar 200 M. Pada zaman kerajaan dahulu bahwa pulau ini adalah tempat pengasingan dan pembuangan 350 narapidana dari suku sasak. Kemudian sekitar tahun 1970-an  orang bugis dari Sulawesi singgah dan menetap di pulau ini bersama orang Sasak dan Bali. Sejak itulah pulau ini dijadikan sebagai tempat para nelayan berkumpul dan saat itu disebut sebagi kampung nelayan.

Dalam beberapa tahun kemudian Gili Trawangan yang sebelumnya adalah kawasan perikanan berubah menjadi kawasan pariwisata dan terus mengalami kemajuan pesat seiring dengan berkembangnya dunia pariwisata. Bahkan Gili Trawangan pernah dinobatkan sebagai 10 destinasi terbaik di dunia yang harus dikunjungi dan juga sebagai destinasi terbaik peringkat ke 6 di Asia yang paling diminati. Wisatawan dari dalam maupun luar negeri berdatangan dan membuat pulau ini semakin maju dan berkembang pesat.

Seiring dengan perkembangan kunjungan wisatawan ke Gili Trawangan yang semakin ramai terlebih pada musim liburan pada bulan Juni, Juli, Agustus, akhir tahun maupun tahun baru, hotel-hotel di gili trawangan mulai dari bintang 1 sampai dengan bintang 5 sering mengalami kepenuhan kamar akibat dari membeludaknya kunjungan baik dari wisatawan domestik maupun mancanegara.

 

TRANSPORTASI MENUJU GILI TRAWANGAN

Untuk menuju ke Gili Trawangan, kita harus melalui jalur laut dengan menggunakan fast boat atau slow boat. Terdapat 4 Titik penyebrangan menuju ke Gili trawangan dari Lombok yaitu dari pelabuhan bangsal estimasi wkatu penyebrangan 35 menit menggunakan slow boat, pelabuhan Teluk Nare dengan estimasi penyebrangan 7-10 menit dengan menggunakan fast boat, pelabuhan Teluk Kodek estimasi penyebrangan 15-20 menit dengan menggunakan fast boat dan dari pelabuhan Senggigi dengan estimasi penyebrangan 40-45 menit dengan menggunakan fast boat.

Umumnya fast boat yang digunakan untuk menyebrang dari pulau Lombok adalah fast boat berkapasitas 10 sampai dengan 17 penumpang. Sedangkan untuk penyebrangan dari Bali umumnya membutuhkan waktu sekitar 1-1.5 jam perjalanan dengan menggunakan fast boat juga.

Daftar nama fast boat yang melayani penyebrangan ke Gili dari pulau Bali dan Lombok.

 

KEUNIKAN GILI TRAWANGAN

Gili Trawangan sebgai destinasi favorit di Lombok memiliki beberapa keunikan sehingga menjadikan pulaui ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan pulau lain. Berikut kami uraikan beberapa keunikan pulau Gili Trawangan Lombok.

Pulau Bebas Polusi

Salah satu keunikan dari Gili Trawangan yaitu tidak adanya kendaraan seperti motor dan mobil yang diperbolehkan beroperasi di pulau ini sehingga menjadikannya sebagai pulau bebas dari polusi. Kendaraan bebas polusi yang digunakan sebagai wadah transportasi utama di pulau ini yakni sepeda dan andong atau cidomo. Jika Anda ingin liburan yang jauh dari bisingnya suasana perkotaan maka Gili Trawangan adalah destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.

Banyak Kucing Dan Tidak Ada Anjing

Keunikan lain dari pulau Gili Trawangan yakni banyaknya kucing yang berkeliaran dan hampir tidak ditemukan satupun anjing yang berkeliaran di pulau ini. Warga Gili Trawangan sangat menghargai kucing dan tidak menghendaki keberadaan anjing di pulau ini.

Hampir Sebagian Penduduknya Turis

Ramenya kunjungan wisatawan mancanegara membuat pulau ini dipadati oleh pengunjung dari mancanegara yang berlalu lalang dan menghuni daerah pinggiran pulau ini. Adapun penduduk asli Gili Trawangan tinggal di tengah pulau dan warganya hamper semua bekerja sebagai peramu wisata.

Jika Kedapati Mencuri Akan Di Arak Keliling Pulau

Peraturan yang ketat di Gili Trawangan apabila kedapati mencuri di pulau ini akan diarak keliling pulau dengan membawa tulisan “I am stole” atau saya pencuri. Tidak hanya warga Indonesia yang sering kedapati mencuri di pulau ini, uniknya banyak juga bule yang kedapati mencuri di pulau ini dan diarak keliling pulau untuk mendapat sanksi sosial. Peraturan ini memang tidak tertulis, tetapi peraturan ini melekat bagi warga dan pengunjungnya sehingga wajar jika Gili Trawangan sangat aman untuk dikunjungi karena angka kriminalitasnya sangat rendah sekali.

 

AKTIFITAS WISATA DI GILI TRAWANGAN

Ada beberapa aktifitas yang bisa Anda coba antara lain :

  1. Jalan Santai Atau Berlali Mengelilingi Pulau

Jika Anda penikmat jalan santai atau Anda adalah seorang pelari maka Anda perlu mencoba jalan kaki keliling pulau atau berlari menyusuri mengelilingi pulau Gili Trawangan. Pasalnya pulau Gili Trawangan yang tidak terlalu luas ini sangat tepat bagi Anda untuk berolahraga sambil menikmati keindahan alamnya. Tidak hanya sehat yang Anda akan dapatkan, namun suasana alam yang begitu indah juga akan membuat suasana liburan Anda sangat menyenangkan.

  1. Berenang Di Pantai

Berenang adalah aktifitas sederhana namun sangat menyenangkan yang harus Anda coba jika berkunjung ke Gili Trawangan. Jika Anda tidak bisa berenang Anda bisa menyewa left jacket yang telah disediakan di pinggir pantai. Pasir putih yang sangat indah dan birunya laut yang sangat menggoda mata membuat kita terpesona dengan keindahan pesisir pantai Gili Trawangan yang sangat tenang dan tidak begitu berbahaya. Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut seperti ikan-ikan dan terumbu karang ketika berenang, karena pantainya sangat bersih dan masih sangat asri sekali.

  1. Snorkling

Bagi Anda pecinta keindahan bawah laut maka Anda perlu mencoba snorkeling di Gili Trawangan atau 2 gili lainnya. Merasakan sensasi berenang diantara ikan-ikan sambil memberi makan ikan-ikan tersebut dengan roti tawar atau sambil melihat terumbu karang yang berwarna-warni. Jika Anda dan keluarga tertarik untuk snorkeling di gili trawangan atau 3 gili lainnya Anda bisa memesan paket tour lombok yang terdapat paket snorkeling ke Gili Trawangan. Private snorkeling Gili Trawanagan umumnya menggunakan glass buttom boat. Fasilitas snorkeling yang Anda dapatkan seperti left jacket, masker snorkeling dan kamera bawah air atau go pro. Snorkeling 3 gili yaitu kegiatan snorkeling di 3 titik seperti snorkeling Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

  1. Diving

Untuk menikmati aktifitas satu ini Anda harus diwajibkan bisa berenang. Anda tidak perlu khwatir jika tidak memiliki sertifikat diving asalkan Anda bisa mengikuti kursus singkat terlebih dahulu. Ada banyak jasa yang menyediakan Diving di Gili Trawangan dengan biaya mulai Rp 500.000/spot bagi yang memiliki diving license dan Rp 1.100.000/spot bagi yang belum memiliki diving license. Di Gili Trawangan juga menyediakan beberapa jasa diving seperti PADI course atau kursus diving berstandar Internasional, shark diving see, UV night dive, free diving dan marine walk.

  1. Surfing

Jika Anda suka surfing atau berselancar diatas deburan ombak pantai maka Anda bisa mencoba pengalaman surfing di Gili Trawangan. Spot surfing di Gili Trawangan  terletak di sebelah selatan dari pulau Gili Trawangan. Ada banyak bule yang melakukan aktifitas surfing di sini. Anda juga bisa berkenalan dengan sesama pecinta surfing di daerah ini dari berbagai Negara yang berkunjung ke Gili Trawangan.

  1. Aqua Flight

Olahraga aqua flight adalah olahraga yang memacu adrenalin. Jika Anda suka tantangan maka Anda bisa mencoba permainan yang satu ini. Jasa yang menyediaan aqua flight di Gili Trawangan yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang water sport yang bernama South Sea Nomand.

  1. Party Di Atas Boat

Jika Anda suka party dan belum pernah menikmati sensasi party di atas boat maka Anda wajib mencobanya. Biaya party di atas boat sebesar Rp 400.000/Orang. Dengan enggunakan kapal besar, Anda akan di bawa ke tengah laut untuk berpesta. Umummya peserta party boat Gili Trawangan adalah kebanyakan orang bule.

  1. Naik Kuda

Naik kuda di Gili Trawangan menyisiri pantai sangat menyenangkan terutama bagi Anda yang suka berkuda. Biaya naik kuda di Gili Trawangan adalah sebesar Rp 250.00/Orang selama 30 menit. Anda bisa mencobanya jika menyukai kegiatan ini dengan keluarga atau pasangan Anda.

  1. Naik Sepeda

Kebanyakan orang mengunjungi Gili Trawangan menyewa sepeda untuk berkeliling pulaunya. Jasa yang menyediakan sewa sepeda di Gili Trawangan sangat banyak dengan biaya sewa sepeda sebesar Rp 50.000-100.000/hari. Naik sepeda mengelilingi pulau Gili Trawangan sangat menyenangkan sekali. Anda bisa bersepeda meyisiri pantai dan mengelilingi pulau Gili Trawangan sambil berhenti di spot-spot indah untuk mengabadikan momen liburan Anda di Gili Trawangan Lombok dengan berpoto-poto bersama keluarga atau pasangna Anda.

  1. Naik Andong (Cidomo)

Jika Anda tidak bisa bersepeda maka ada alternative lain yang bisa dicoba untuk menikmati transportasi di Gili Trawangan yaitu dengan naik andong atau cidomo. Biaya naik Andong atau cidomo untuk berkeliling pulau Gili Trawangan yaitu sebesar 250.000-300.000.

  1. Menikmati Ayunan

Melihat poto-poto Gili Trawangan terdapat banyak poto wisatawan di atas ayunan. Di Gili Trawangan terdapat beberapa ayunan yang telah disedikan untuk para pengunjung. Anda bisa mencoba ayunan sambil mengabadikan moment dengan pose kesukaan Anda.

  1. Menikmati sunset

Pada sore hari Anda tidak boleh melewati sunset Gili Trawangan yang begitu indah. Spot sunset Gili Trawangan berada di sebelah selatan pulau. Anda bisa menikmati sunset di depan hotel ombak sunset sambil menaiki kuda atau bermain ayunan.

  1. Dinner

Pada malam hari Anda bisa dinner di restauran-restauran Gili Trawangan Lombok. Ada beberapa restaurant di sepanjang pantai tempat Anda menikmati makan malam. Kebanyakn menu yang ditawarkan adalah sea food. Menikmati makan malam Anda bersama keluarga atau pasangan di pinggir pantai dengan suasana romantic.

  1. Party Di Gili Trawangan

Susana malam yang panjang tentunya tidak mau dilewatkan begitu saja tanpa melakukan aktifitas lain. Jika Anda suka party maka Anda perlu mencoba suasana party di Gili Trawangan. Di Gili Trawangan setiap malam selalu ada party. Tempat-tempat party yang sangat rekomnded dicoba seperti Sama Sama Reggae Bar, Tir Na Nog Bar, Pandawa Beach Club, Jiggy Jig’s dan Rudy’s.

  1. Menikmati Kuliner Malam Gili Trawangan

Menikmati kuliner khas  Gili Trawangan yaitu dengan mengunjungi pasar malam. Ada banyak menu khas Lombok yang bisa dibeli di pasar rakyat ini. Pasar malam biasanya mulai buka pada jam 7 malam.

  1. Menikmati sunrise Gili Trawangan

Pada pagi harinya Anda bisa segera beranjak dari penginapan untuk keluar menikmati sunrise di pantai. Sunrise di Gili Trawanagan sangat indah dengan latar gunung rinjani dan pulau gili meno.